CARAKA: FESTIVAL KREATIF MAHASISWA DI INDONESIA



Mahasiswa memiliki antusiasme, spirit, dan kreatifitas. Ketiga elemen tesebut juga  memunculkan ide sebuah festival kreatif mahasiswa di Indonesia dengan nama CARAKA.

            Munculnya CarakaFestival Kreatif berawal dari ide Playon Kreadtiv yang berkeinginan membuat festival yang menjadi tempat menyalurkan kreatifitas mahasiswa di Indonesia. Caraka muncul pertama kali pada Juni 2009, digawangi oleh HMJ Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP, Playon Kreadtiv, & DKV Universitas Katolik Soegijapranata. Dan Caraka sebagai festival kreatif yang turut memajukan periklanan kreatif di kota Semarang dan Indonesia tentu saja didukung penuh oleh PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) Pengda Jateng.  Diadakannya Caraka bertujuan untuk mempersiapkan peserta dalam industri periklanan, sehingga peserta bisa membuat karya sesuai brief dan bahkan dinilai oleh juri yang kompeten.  

            Sejak 2009 sampai sekarang Caraka sudah dilaksakan sebanyak 4 kali, dan memberikan impact yang cukup besar di Indonesia. Caraka mampu membuat seluruh mahasiswa di Indonesia membuktikan kreatifitas dalam kontes periklanan kreatif yang diadakan. Ini terbukti dari entry yang masuk, dengan jumlah kurang lebih 500 entry di tahun 2012.

            Caraka adalah salah satu festival yang membuktikan bahwa mahasiswa di Indonesia adalah mahasiswa kreatif yang mampu membuat karya yang juga kreatif dan menakjubkan. Dengan diadakannya Caraka, Indonesia menjadi lebih dikenal sebagai negara dengan mahasiswa yang kreatif. Karya-karya peserta tidak hanya menyampaikan sebuah pesan dengan visual saja, tetapi dapat menyampaikan makna dari sebuah iklan yang dikemas secara kreatif. Ya, Caraka mampu menunjukkan bahwa INDONESIA KREATIF, sampai jumpa di Caraka 2013 !!




Workshop Caraka pada 2010. Terbagi menjadi 4 kelas yakni fotografi, strategic planning, radio advertising, dan desain grafis

Awarding Nite CarakaFest 2010 yang diadakan di Hotel Gumaya

"BEBAS SAAT BEKERJA" karya Aditya Dony Suryawan mendapat peringkat Silver pada CarakaFest 2010

"TRANS IT" karya Theo Cahya Andika menjadi finalis pada CarakaFest 2012

Komentar

Postingan Populer