JURNALISTIK ONLINE DAN KONVERGENSI TEKNOLOGI


            


Jurnalistik erat hubungannya dengan media massa. Mulai dari media cetak, radio, televisi memiliki konten jurnalistik. Namun seiring perkembangan jaman teknologi juga dikembangkan yang menghasilkan evolusi teknologi atau teknologi baru, dan salah satunya adalah internet. Internet tidak hadir dengan wujud media, namun dalam bentuk layanan yang dapat diakses melalui sebuah perangkat dan tidak terbatas ruang dan waktu. Komputer dan internet menghasilkan media baru atau yang disebut media online yang menambah sarana media jurnalistik.
            Media online menjadi ladang baru selain media konvensional. Kemampuan dan fiturnya juga dapat bersaing dengan media-media lainnya. Tidak ada “dinding” pada media online, siapapun dapat masuk dan mendapatkan informasi. Sifat media online yang berbeda dengan media konvensional memberi pengalaman komunikasi yang berbeda pada penggunanya.
            Media online memberikan cara-cara baru jurnalis dalam memproses, memproduksi, dan menyebarkan berita. Sifat “tidak terbatas” membuat jurnalis harus mengikuti arus konsumen, seperti harus selalu “up to date” dan cepat dalam menginformasikan. Berbeda dengan media konvensional seperti media cetak yang membahas peristiwa secara mendalam, kebanyakan jurnalistik pada media online tidak mengedepankan kedalaman melainkan kecepatan. Format jurnalistik pada online media dibandingkan dengan media konvensionalpun berbeda. Dengan media online kita dapat menggunakan fitur-fitur dari teknologi masa kini dan menggabungkannya dengan teknologi konvensional yang akan menghasilkan konten yang terintegrasi. Media online yang dapat memproduksi visual yang bergerak dan audio membuat bereksplorasi pada informasi yang akan dibuat, seperti jurnalistik berupa video.
Salah satu website penyedia informasi di media online adalah detik.com . Detik.com dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun hanya dengan bermodal koneksi internet. Dengan kategori informasi yang beragam seperti ‘olahraga’, ‘wanita’, dan lain sebagainya dapat merangkul audiens sesuai dengan minat. Informasinya juga selalu diperbaharui dan bahkan sangat cepat dapat menginformasikan, dan hal tersebut menjadi keunggulan lebih dibandingkan dengan media konvensional yang membutuhkan waktu produksi lebih lama. Detik.com yang up to date dan konsisten mendapatkan audiens yang cukup banyak dan membuktikan bahwa media online adalah bentuk konvergensi teknologi yang tidak jauh berbeda pada media sebelumnya dan dapat dinikmati layaknya media konvensional sebelumnya.
            Kini perangkat teknologi sudah serba digital. Bahkan media konvensional berupa media cetak pun mulai terkonvergensi. Teknologi baru tidak pernah menghilangkan atau mengganntikan sepenuhnya media konvensional, namun hanya menjadi alternatif. Radio tidak menggantikan media cetak, tetapi hanya menjadi alternatif. Sama halnya dengan televisi yang jauh lebih unggul dari radio, namun pada kenyataannya tidak menggantikan media radio sepenuhnya. Setiap media memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing,dan juga memiliki audiensnya masing-masing. Media massa yang beraneka ragam justru memberikan variasi dan banyak pilihan  pada audiens. Dengan media massa yang beraneka ragam membuat jurnalis harus bereksplorasi dalam memproduksi dan mendapatkan audiens. Konvergensi teknologi yang terjadi tidak melemahkan salah satu media, justru apabila pengolahannya baik akan meningkatkan konsumsinya.  
            Berbagai bentuk media terus hadir dan berkembang sejak awal adanya media. Media baru yang hadir merupakan evolusi dari media yang sudah ada sebelumnya. Internet mongkonvergensikan karaketristik media konvensional. Dengan begitu, internet menjadi media yang cukup efektif. Namun walaupun media online memiliki perbedaan yang banyak dibandingkan media konvensional, esensi komunikasi didalam media online tidak berbeda dengan media konvensional. Konvergensi tidak merubah esensi komunikasi yang ada dan digunakan sebelumnya, konvergensi hanya menggabungkan beberapa esensi yang ada menjadi satu. 

Komentar

Postingan Populer